4 Sebab Kenapa Kita Harus Mensyukuri Nikmat

Tidak Ada Kata Susah dalam Bersedekah
June 24, 2021
Nazar Wajib Dilaksanakan? Alasan yang Melatarbelakanginya
June 26, 2021

4 Sebab Kenapa Kita Harus Mensyukuri Nikmat

Sering mendengar kalimat nikmat tuhan mana yang kalian dustakan? Kenapa muncul kalimat tersebut? Ya sesungguhnya nikmat Allah yang diberikan kepada kita itu tidak terbatas bahkan tidak dapat dihitung. Sadar tidak? Nikmat yang diberikan Allah datang silih berganti dari terbitnya fajar hingga malam tiba.

Maka dari itu kita harus mensyukuri nikmat yang diberikan Allah. Nikmat hidup aman di Negara sendiri, diberikan nikmat hidup dalam kondisi yang aman itu lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan makanan dan minuman, nikmat diberikan kesehatan. Dan masih banyak nikmat-nikmat yang lainnya. Berikut sebab yang dapat membantu seseorang untuk mensyukuri nikmat yaitu:

  1. Merenungkan nikmat yang diberikan Allah SWT dan merasakan suatu kehadiran nikmat pada setiap waktunya dan kesempatan dan tidak melalaikannya. Banyak orang yang telah merasakan kenikmatan berupa makanan, minuman, tempat tinggal, kendaraan dan masih banyak lagi, akan tetapi mereka tidak merasakan adanya kenikmatan dalam hidupnya, karena nikmat tersebut tidak pernah hilang sekali dalam hidup mereka sehingga mereka tidak menyadari akan nikmat tersebut. Maka dari itu penting bagi kita untuk selalu mengingat nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada kita.
  2. Sebaiknya seseorang itu untuk mensyukuri nikmat dari Allah SWT dengan melihat orang yang lebih rendah darinya. Rasulullah bersabda yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Abi Hurairah “Lihatlah kepada orang yang lebih rendah dari kalian dan janganlah memandang kepada yang lebih tinggi dari kalian, sebab hal itu lebih baik agar kalian tidak menghina nikmat Allah”.
  3. Kita sebagai manusia harus menyadari bahwa suatu saat kiamat akan datang secara tiba-tiba, dan Allah SWT akan bertanya kepada apakah sudah bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah? Apakah telah menunaikan rasa syukur atau malah justru lalai terhadapnya?
  4. Mensyukuri nikmat yang diwujudkan dalam perkataan dan perbuatan. Allah SWT berfirman dalam QS. Lukman ayat 12 yang berbunyi “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji” (QS. Lukman: 12)

Nikmat itu akan terus tetap apabila kita juga mensyukuri nikmat yang telah diberikan, sementara hilangnya nikmat yang diberikan Allah disebabkan oleh berbagai macam kemaksiatan dan dosa yang dibuat oleh pelakunya.

admin
admin
Yayasan Sahabat Perubahan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us