Sharing is Caring, Berbagi Menjauhkan dari Kemiskinan

Cafe Identik dengan Kopi, Interaksi dan Eksistensi
June 29, 2021

Sharing is Caring, Berbagi Menjauhkan dari Kemiskinan

Berbagi terhadap sesama itu akan membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Percaya tidak? Dengan kita berbagi pasti kalian akan merasakan bagaimana hidupmu akan menjadi bermakna. Selain mendapatkan kebahagiaan dengan bersedekah dapat meningkatkan hormon oksitosin yang dapat membuat kita lebih berempati pada sesama. 

Hormon oksitosin itu merupakan hormon cinta karena berkaitan dengan perasaan cinta, kasih sayang, emosi yang baik, dan keterkaitan antar manusia. Nah, ketika kita berbagi itu tubuh kita akan mengeluarkan yang namanya hormon oksitosin. Seperti definisi yang dijelaskan sebelumnya, hormon ini yang meningkatkan perasaan cinta dan sayang serta membuatmu merasakan euphoria yang hangat. Dengan hal tersebut dapat membuatmu ada perasaan ingin terus berbuat baik pada sesama.

Suatu kebaikan yang dilakukan itu pasti akan menular kepada orang lain. Biasanya ketika ada orang yang berbagi kepada orang lain baik memberikan orang lain uang, makanan, minuman tenaga, waktu atau yang lainnya. Orang yang menerima dan yang menyaksikan itu akan melanjutkan hal kebaikan yang sama juga. Karena aksi yang dilakukan tersebut dapat menginspirasi orang lain.

Siapa bilang dengan berbagi akan membuatmu miskin? Tentu tidak, jangan takut miskin dengan kita berbagi. Percayalah dengan berbagi itu kita malah akan mendapatkan keuntungan. Bagaimana tidak dengan berbagi itu dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang baik kebahagiaan bagi si pemberi maupun si penerima. 

Dengan berbagi akan mendatangkan banyak manfaat bagi kita, meskipun apa yang kita berikan tidak seberapa. Berbagi itu merupakan wujud syukur kita kepada Allah SWT atas pemberian yang kita terima dari Allah SWT. Dengan berbagi dapat menciptakan empati dalam diri terhadap sesama manusia dan mengontrol diri dari gemerlapnya kehidupan didunia ini.

Sedekah itu tidak akan membuatmu miskin, malah dengan sedekah kita dapat terlindung dari mala bahaya. Tidak hanya didunia saja tetapi juga diakhirat. Rasulullah bersabda “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah” (HR. Imam Baihaqi). Maka dari itu yuk tanamkan dalam diri kita untuk selalu bersedekah.

admin
admin
Yayasan Sahabat Perubahan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us